Ciri-Ciri Penjilat


Hampir setiap orang ingin memiliki pekerjaan yang bagus dengan gajihnya lumayan, bagus disini bisa berarti bermacam-macam. Ada yang menganggap pekerjaan yang bagus adalah pekerjaan yang dapat bersantai lebih banyak, ada yang menganggap pekerjaan bagus adalah ketika mendapatkan pekerjaan disebuah perusahaan besar, ada juga yang menganggap ketika mendapat jabatan yang strategis. Hal tersebut memang betul adanya, akan tetapi masih ada satu kategori yang tergolong ke dalam sangat penting bagi sebagian orang. Yaitu pekerjaan tersebut akan bagus jika pekerjaan itu menyenangkan untuk dijalani.

Pekerjaan yang menyenangkan dapat tercipta dari lingkungan tempat dimana seseorang itu bekerja. Lingkungan disini berarti orang-orang, atau teman sekerja. Akan menyenangkan jika tempat bekerja itu memiliki orang-orang positif yang dapat terus membangung baik perusahaan atau diri kita. Lalu bagaimana kah lingkuan yang kurang baik itu? Lingkungan yang kurang baik dipekerjaan dapat tercipta salah satunya dari seorang PENJILAT, Ya penjilat. Penjilat di sini adalah orang yang akan membuat anda bagaikan seorang pemalas dihadapan atasan anda, walaupun sebernya anda bekrja sesuai dengan ketentuan bahkan mungkin pekerjaan anda lebih baik dari pada si penjilat tersebut.

Beberapa penjilat tersebut dapat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Selalu Berperan Paling Sibuk /  Over Akting di Depan Pimpinan
Seorang penjilat akan berprilaku sok sibuk di hadapan pimpinan. Dia sangat ingin terlihat yang paling rajin dan yang paling bisa diandalkan ketimbang pegawai yang lain. Bahkan jika ada celah dia akan membuat pekerjaan anda, dia lah yang mengerjakannya. Tentu hal ini sangat mengganggu, Anda atau pegawai lain pasti terlihat layaknya seorang pemalas di mata pimpinan, padahal jika pimpinan tidak ada, dia tidaklah banyak pekerjaan.

2. Selalu Melaporkan / Menjelek-jelekan Rekan Kerjanya di Depan Pimpinan
Pernah kah anda dipanggil pimpinan karna suatu kesalahan akan tetapi anda sendiri tidak pernah melakukan kesalahan tersebut?? atau pernah kah anda dilaporkan atas kesalahan yang anda lakukan padahal kesalahan tersebut tidaklah besar tapi dibesar-besarkan?? Kalau anda pernah mengalami hal tersebut, maka anda harus mulai waspada bahwa dilingkungan tempat anda bekerja memiliki seseorang atau bahkan beberapa orang PENJILAT. Dengan Melaporkan atau menjelek-jelekan pegawai lain di depan Pimpinan akan membuat si PENJILAT ini bagaikan malaikat tanpa kesalahan dan yang paling patuh terhadap pimpinan. Pimpinan akan lebih percaya kepada si PENJILAT ketimbang pekerja lainnya walaupun sebenarnya si PENJILAT sendiri memiliki keselahan yang tidak pernah pegawai lain ungkapkan.

3. Selalu Menonjolkan Ide / Gagasan / Kemampuannya (Sok Pintar) di Depan Pimpinan
Seorang PENJILAT akan senantiasa bersikap Antusias di depan pimpinan, ajang terbaik baik mereka adalah rapat. Mereka akan berkoar-koar dengan penuh semangat mengenai gagasan mereka, dan betapa gagasan ini lebih baik ketimbang gagasan pegawai lain. Dia akan menyampaikan bahwa pekerjaanya dia kerjakan sangat baik secara tidak langsung dan pegawai lain tidak. Padahal gagasan atau ide tersebut tidak lebih baik dari gagasan pegawai lain.

4. Selalu Memuji Secara Berlebihan, Padahal dihatinya tidak demikian
Para penjilat adalah orang-orang yang BERMUKA DUA, mereka akan senantiasa menyanjung, memuji bahkan kalau perlu menyembah para pimpinan. Selepas pimpinan meninggalkan mereka, mereka mulai bercakap-cakap bahwa pimpinan tersebut bukanlah orang yang baik. Mereka ingin dianggap sebagai seseorang yang paling taat dan percaya kepada pimpinan.

5. Selalu Membantu Pimpinan untuk Urusan-Urusan Pribadi, Padahal Ia Hanya Mencari Hati Pimpinan
Mereka akan sigap terhadap masalah pribadi pimpinan, atau urusan pimpinan diluar pekerjaan, mereka ingin sekali dianggap sebagai orang yang paling dapat dipercaya dan diandalkan. Mereka akan rela menghabiskan waktu mereka untuk urusan-urusan pribadi pimpinan yang bukan pekerjaan mereka, mereka akan berkata kepada pimpinan bahwa mereka sangat senang mengerjakannya. Padahal mereka akan mengeluh selepas pimpinan tidak ada. bahkan pekerjaan yang menjadi kewjiban mereka pun tidak dikerjakan bahkan disuruh pegawai lain untuk menyelesaikan karna mereka berkata ini demi membantu pimpinan langsung.

Semoga kita terhindar dari sifat-sifat seperti ini. Bekerja lah dengan Ikhlas, kerjakanlah apa yang menjadi tugas, dan jangan jadikan teman anda sebagai bahan bakar anda untuk meroket di depan pimpinan.

Posting Komentar

0 Komentar