Produk Kreatif dan Kewirausahaan


Wirausaha atau entrepreneur merupakan sebutan bagi mereka yang merintis sebuah usaha dengan cara berfikir kreatif  dan berprilaku inovatif yang menjadi dasar dalam berprilaku, bersosial, berfikir dalam mencapai sebuah keberhasilan.



Ada beberapa definisi Kewirausahaan menurut beberapa ahli :


1. Kewirausahaan merupakan sikaf dan mental yang selalu aktif untuk mencipta atau menginovasi hasil karya demi meningkatkan penghasilan.
2. Kewirauhaan merupakan proses seseorang dalam mengejar peluang demi memenuhi kebutuhan melalui inovasi-inovasi
3. Kewirauhsaan meruapakan sebuah proses mandiri demi mencapai kemakmuran
4. Kewirausahaan meruapakan proses terciptanya sesuatu yang baru dengan menggunakan waktu dan kegiatan yang disertai modal jasa dan risiko

 Defini kewirausahaan menurut Inpres Nomor 4 Tahun 1995 :


Inpres (intruksi presiden) nomor 4 tahun 1995, tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudidayakan Kewiraushaan (GNMMK) menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan semangat, sikap, serta perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari teknologi dan produk baru, menciptakan, menerapkan cara kerja dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Kemudian agar lebih menambah pemahaman kita juga harus mengetahui apa saja “elemen-elemen kewirausahaan” itu, antara lain :


1.     Mengembangkan rencana usaha, seorang yang mengatakan dirinya adalah seorang wirausahawan adalah orang yang secara aktif maupun pasif memikirkan stategi-stategi bisnis agar usahanya dapat maju dan berkembang.
2.     Membentuk bagian sumber daya manusia. Dengan berwirausaha berarti dapat memanfaatkan sumber daya manusia atau dapat menyerap tenaga kerja
3.     Menunjukkan sikap sebagai seorang pemimpin. Mandiri atau dapat bertanggung jawab atas diri sendiri saja tidak cukup, seorang wirauahawan harus mampu menjadi pemimpin bagi setiap orang yang bekerja padanya. Sika kepemimpinan ini akan memberikan jalan dalam mewujudkan kepercayaan dan rasa nyaman para pekerja.
4.     Menghindari resiko. Setiap orang pasti tidak mau terkena resiko, akan tetapi kegiatan berwirausaha berarti kegiatan mengambil resiko, seorang wirausahawan yang cerdas adalah orang yang berani mengambil resiko akan tetapi tau bahwa resiko tersebut dapat diatasinya. Bukan hanya sembarangan mengambil resiko.
5.     Bertanggung Jawab. Bertanggung jawab disini berarti berani bertanggung jawab terhadap perkembangan usaha ataupun kegagalan usaha. Mereka akan bertanggung jawab penuh atas tindakan yang diambilnya.

Nah dari beberapa definisi oleh para ahli tersebut kiranya sudah dapat membuat pemahaman tentang apa itu kewirausahaan sudah lumayan. Sebenarnya masih banyak lagi pengertian-pengertian tentang kewirausahaan ini. galilah info lebih banyak lagi dengan membaca artikel selanjutnya. 

Posting Komentar

0 Komentar